Artikel



Manfaat minum kopi

Inilah beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan Yang perlu anda ketahui :

Kopi bisa meningkatkan energy dan membuat otak Lebih cerdas

Dengan minum kopi maka bisa mengurangi rasa lelah sehingga dapat menambah stamina atau energy. Hal ini disebabkan, kopi mengandung stimulan bernama kafein. Jika diminum maka bisa mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan. Sehingga bisa meningkatkan level energy, kesadaran,suasana hati dan fungsi otak.

2. kopi bisa membantu membakar lemak

Perlu anda ketahui hamper semua supplemen pembakar lemak yang telah dijual secara komersial mengandung kafein. Sebab kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang sudah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian sudah menunjukkan jika kafein bisa meningkatkan proses metabolisme hingga 3-11%. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 10% pada orang yang menderita obesitas dan pada orang yang tidak obesitas sebesar 29%. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang bagi orang yang sudah meminum kopi dalam jangka waktu lama.

Kafein bisa meningkatkan performa fisik secara drastic

Selain membantu pembakaran lemak, ternyata kafein juga bisa meningkatkan level adrenalin didalam darah. Sehingga bisa membuat tubuh siap digunakan secara intense. Kafein juga bisa membuat sel lemak (fat cells) sehingga mampu menghancurkan lemak ditubuh yang kemudian dilepaskan dalam darah sebagai energy. Sebab efek ini tak mengejutkan bahwa kafein bisa meningkatkan performa fisik hingga 11-12%.

Kopi banyak mengandung nutrisi

Kopi bukan hanya semata air yang memiliki warna hitam. Namun juga banyak nutrisi dari biji kopi yang terbawa hingga jadi kopi untuk diminum.

Segelas kopi mengandung:

 .  Riboflavin (Vitamin B2) : 11% of the RDA.

  .  Magnesium and Niacin (B3) : 2% of the RDA.

  .  Magnesium and Niacin (B3) : 2% of the RDA.

  .  Magnese and Potassium : 3% of the RDA.

RDA merupakan singkatan dari bahasa (Recommended Dietary Allowence), yaitu estimasi dari jumlah nutrisi (atau kalori) per hari yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pada tubuh. Walaupun kelihatannya tidak signifikan, namun telah banyak orang yang meminum kopi lebih dari 1 gelas disetiap harinya. Jika meminum 3-4 gelas kopi per hari, maka nutrisi menjadi semakin tinggi.

Bisa menambah jumlah serat yang dikonsumsi

Dalam satu gelas kopi setara dengan 1.8 gram serat. Jumlah untuk konsumsi serat yang direkomendasikan Yakni 20-38 gram.

Kopi bisa melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer dan Dimebsia

Penyakit Alzheimer merupakan jenis penyakit penurunan kemampuan saraf yang umum dan penyebab utama dimensia di seluruh dunia. Penyakit ini umumnya diderita pada orang tua yang berumur lebih dari 65 tahun. Namun hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya dengan mengkonsumsi kopi. Beberapa penelitian menunjukkan jika resiko orang mengkonsumsi kopi untuk terkena Alzheimer 65% lebih rendah daripada orang yang tak pernah minum kopi.

Kopi bisa mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, bahkan bisa mematikan. Kopi ini tampaknya cukup berkhasiat untuk mengurangi peluang terkena dua jenis kanker, yaitu (15%) usus besar dan (40%) kanker liver.

Kopi tidak menyebabkan penyakit hati dan dapat mengurangi resiko terkena stroke

Seringkali dikatakan bahwa kafein bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini memang benar, akan tetapi efeknya sangat kecil (3-4 mm/Hg) dan biasanya akan hilang jika mengkonsumsi kopi dengan rutin. Namun efek kenaikan tekanan darah ini dapat menetap untuk beberapa orang, oleh sebab itu perlu diperhatikan bagi yang memiliki tekanan darah tinggi. Walaupun demikian, penelitian tak mendukung mitos yang mengatakan jika kopi bisa meningkatkan resiko penyakit hati. Bahkan sebaliknya, ada beberapa bukti yang telah menunjukkan jika wanita yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko yang lebih kecil terkena penyakit hati. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peluang mengkonsumsi kopi untuk terkena stroke ialah 20% lebih rendah.